Kurangkan Makanan Yang Mengandungi Kandungan Purin Yang Tinggi, Sekaligus Dapat Meningkatkan Kesihatan Sendi Anda

  • Tuesday, February 17, 2015
  • By Unknown
  • 0 Comments

Purin adalah zat alami yang ditemukan didalam sel, termasuk didalam tumbuhan maupun hewan di sekitar kita. Sayuran pada umumnya lebih tinggi purin dibandingkan dengan daging. Purin yang masuk kedalam tubuh kita dari makanan selanjutnya akan dimetabolisme menjadi asam urat. Sebenarnya hal ini adalah proses yang normal dan sehat, dan Asam urat sebenarnya bertindak sebagai zat antioksidan yang berguna untuk melindungi lapisan pembuluh darah.



Pada kasus tertentu fungsi ginjal bisa kurang memadai, sehingga bisa terjadi kelebihan asam urat dalam tubuh kita. Dalam istilah sederhana, masalah ini bisa menimbulkan serangan gout atau radang sendi akibat asam urat tinggi. Kelebihan Asam urat yang diproduksi tubuh dari purin ini bisa terjadi karena ginjal tidak bisa melepaskannya melalui urin, yang pada akhirnya lama kelamaan akan membentuk kristal asam urat yang menumpuk pada persendian. Kristal ini bersifat keras, sehingga akan mengikis jaringan lunak atau lapisan tulang rawan sendi dan mengakibatkan gejala radang sendi yang menyakitkan akibat asam urat.

Makanan mengandung purin tinggi, yang perlu dihindari atau batasi oleh penderita gout artritis

Obat-obatan diperlukan untuk mengobati Gout, akan tetapi membuat perubahan pola makan tertentu seperti mengurangi makanan yang kaya purin juga bisa membantu. Purin sebenarnya terdapat diseluruh bagian makhluk hidup, jadi tidak mungkin kita menghindari purin. Yang terbaik adalah dimulai dengan mengetahui beberapa makanan yang paling tinggi mengandung purin berikut:

Image result for Makanan yang mengandung purin yang tinggi

Daging merah :

Daging pada umumnya tinggi purin, dan Organ hewan atau jerohan seperti hati, ginjal & otak mengandung purin paling tinggi. Daging yang mengandung purin tinggi seperti daging babi, daging rusa, daging sapi, kelinci, kalkun, sapi, unggas dan bebek. Batasi jumlah asupan protein hewani hingga 6 ons per hari, hal ini untuk mengurangi purin dalam tubuh .

Sea food :

Ikan sarden adalah sumber purin tertinggi. Juga makanan laut lainnya seperti halibut, ikan kod, bluefish, makarel, trout, tuna, lobster, tiram, herring, sarden dan kerang.

Anggur :

Anggur juga merupakan salah satu sumber Purine tertinggi. Batasi konsumsi anggur jika Anda menderita gout.

Minuman :

Minuman sehari-hari kita seperti teh dan kopi sebenarnya sedikit mengandung purin, akan tetapi batasi konsumsinya karena mengandung kafein. Sementara Minuman beralkohol tidak boleh diminum oleh penderita kelebihan asam urat. Terutama adalah bir, dimana yang pailing tinggi purin.

Ragi :

Produk yang mengandung ragi harus dibatasi untuk menghindari masalah kesehatan, terutama bagi penderita radang sendi akibat asam urat. Tape atau produk yang difermentasi lainnya adalah mengandung purin tinggi dari ragi.

Kacang-kacangan:

Kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang baik, namun pada umumnya juga tinggi purin. Kacang-kacangan yang paling kaya akan purin adalah lentil, kacang navy , kacang lima, kacang merah, dan belinjo.

Cokelat

Biji kakao dan daun teh mengandung tinggi theobromine, yaitu alkaloid dengan struktur mirip dengan kafein yang tinggi purin. Kakao merupakan bahan utama pembuatan dark chocokelate.

Makanan rendah purin

Beberapa yang terbaik makanan rendah purin meliputi berbagai macam sayuran (jamur, asparagus, kubis, ceri, buncis, selada, lobak, jagung, kentang, dan wortel), dan buah-buahan ( apel, pisang, jeruk, dan melon). Juga ada banyak kacang-kacangan (Brazil, hazelnut, dan kacang tanah), keju (cheddar, edam, cottage, dan Limburger), dan pasta yang dibuat dengan telur, dan biji-bijian.

Jom Dapatkan Set Sendi Shaklee

Sama sama pelihara Kesihatan Sendi




You Might Also Like

0 comments